Saturday, June 20, 2015

Makanan Ini Ternyata Dibuat Dari ASI

5 Makanan Ini Ternyata Dibuat Dari ASI


Makanan Ini Ternyata Dibuat Dari ASI - ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan pokok bagi bayi, terutama bayi yang baru lahir. ASI sangat penting diberikan pada bayi sebagai asupan pertama karena ASI memiliki banyak fungsi dan nutrisi penting bagi perkembangan seorang bayi. Tapi tahu nggak sih? saat ini sudah banyak orang-orang yang membuat makanan berbahan dasar ASI? hmm bagaimana rasa dan bentiknya ya? Dirangkum dari berbagai sumber, yuk intip makanan unik yang berbahan dasar ASI ini:


1. Mommys milk cheese


Keju yang terbuat dari air susu ibu. Makanan ini merupakan kreasi dari chef New York, Daniel Angerer. Angerer menciptakan keju yang terbuat dari air susu istrinya yang ternyata melebihi kebutuhan putri kecilnya, Arabella. Kemudian Angerer membuat berbagai hidangan dari keju yang dia buat tersebut.


Pada saat dia memperkenalkan keju ini, hidangan yang terbuat dari air susu ibu masih asing bagi telinga warga Amerika Serikat. Karena itulah makanan tersebut sempat mengundang kontroversi sekaligus rasa penasaran warga kota New York. Sayangnya keju tersebut tidak dijual. Angerer hanya membagikan resep dan fotonya melalui blog pribadinya.

2. Lactation lasagna


Lasagna yang terbuat dari ASI? Kalau makanan yang satu ini merupakan kreasi Abi Blake, wanita yang menyebut dirinya sendiri ?Nigella Lawson dalam hidangan ASI?. Blake bisa disebut sebagai salah satu pelopor dalam masakan yang terbuat dari air susu ibu. Kreasinya cukup variatif, mulai dari cheese cake, tarts, sampai smoothie yang sempat dia pasarkan di festival makanan.


Blake mengganti semua bahan olahan susu sapi yang dibutuhkan dalam resep-resep makanannya dengan krim, keju, atau mentega yang terbuat dari air susu ibu. Lasagna ini juga begitu. Saus kental yang seharusnya terbuat dari campuran krim dan susu sapi segar diganti dengan air susu ibu.

3. Momsicles



Merupakan singkatan dari Moms Popsicle. Popsicles adalah sebutan untuk es krim batangan yang di Indonesia lebih sering disebut es loli. Es loli yang satu ini unik karena terbuat dari air susu ibu. Sebenarnya makanan penutup yang bercitarasa segar ini khusus dibuat untuk bayi. Idenya adalah menciptakan makanan yang dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi dengan menggunakan air susu ibunya sendiri. Tetapi dengan maraknya produk makanan yang terbuat dari ASI, bukan tidak mungkin kalau makanan ini akan segera menjadi hidangan untuk orang dewasa pula.

4. Your milk yogurt



Your milk yoghurt juga merupakan produk olahan dari air susu ibu yang khusus dibuat untuk bayi. Proses pembuatannya sama seperti yoghurt pada umumnya. Hanya saja di sini susu sapi diganti dengan air susu ibu si bayi. Konon rasanya juga sama saja jika dibandingkan dengan yoghurt yang terbuat dari susu sapi. Tetapi tentunya waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya jadi lebih lama pula.

5. Risotto ASI dan jamur



Risotto adalah sejenis hidangan nasi berbumbu khas Eropa. Teksturnya kental berkat krim dari susu sapi yang dicampurkan ke dalam nasi. Khusus untuk menu ini, Dr. Wendy Welsh, psikolog sekaligus pencipta makanan ini mencoba mengganti krim susu sapi dengan air susu ibu. Hidangan ini ia suguhkan untuk tamu-tamu di pestanya. Ternyata para undangan tersebut tidak merasa jijik dengan hidangan tersebut.

0 komentar:

Post a Comment