Sunday, June 14, 2015

Tanpa Modal Permainan Mendidik Anak

Tanpa Modal Permainan Mendidik Anak 


Tanpa Modal Permainan Mendidik Anak - Orangtua tidak keberatan merogoh kocek dalam-dalam demi membelikan mainan untuk anak. Terlebih, mainan itu mengandung unsur edukasi. Namun, sebenarnya banyak permainan mendidik yang bisa dilakukan anak dan tanpa harus mengeluarkan dana besar.


Hal itu diungkap oleh psikolog anak Rini Hildayani, Msi. Menurutnya ada bermacam jenis permainan sederhana namun, mendidik yang bisa dilakukan di rumah oleh orangtua dan anak. Permainan itu mengandung unsur tantangan dan mengajarkan tentang batasan atau aturan.

Tantangan
"Misalnya, orangtua dan anak membuat bola dari koran bekas. Kemudian, orangtua (ayah/ibu) melingkarkan tangan seperti ring. Jadi, ini seperti bemain bola basket. Anak ditantang untuk melempar koran bekas yang sudah dibuat menjadi bola ke tangan orangtua yang melingkar seperti ring. Dengan begitu, anak akan tertantang dan berusaha melompat setinggi-tingginya untuk memasukan bola-bola koran tersebut."


Aturan
"Permainan mengikuti gerakan. Contohnya, bermain cermin. Misalnya, orangtua meminta anak mengikuti gerakan orangtua. Mencubit pipi, membelalakan mata, atau mengangkat tangan. Dari situ, orangtua mengajarkan anak aturan dan batasan. Anak tidak boleh melakukan gerakan lain selain yang dicontohkan orangtua."


Dosen dari Universitas Indonesia itu menjelaskan lebih lanjut, kalau contoh-contoh permainan tadi bisa dilakukan orangtua dan anak di rumah. Selain mendidik, hubungan orangtua dan anak semakin dekat. Kalau anak main sendiri dengan mainan yang dibelikan orangtua itu tidak mengandung unsur interaksi.

0 komentar:

Post a Comment